![]() | |
Snouck yang fasih berbahasa Arab, melalui mediasi dengan gubernur Ottoman di Jeddah, menjalani pemeriksaan oleh delegasi ulama dari Mekkah pada tahun 1884 sebelum masuk. Setelah berhasil menyelesaikan pemeriksaan, diizinkan untuk memulai ziarah ke kota suci Mekkah pada 1885. Di Mekkah, keramahannya dan naluri intelektualnya membuat para ulama tak segan membimbingnya. Dia adalah salah satu sarjana budaya Oriental Barat pertama yang melakukannya.
Sebagai wisatawan perintis, ia adalah orang langka asal Barat yang berada di Mekkah, tetapi memeluk budaya dan agama dengan penuh gairah, sehingga ia berhasil membuat kesan kepada orang-orang bahwa ia masuk islam. Dia mengaku berpura-pura menjadi Muslim, seperti yang ia jelaskan dalam surat yang dikirim ke teman kuliahnya, Carl Bezold, pada 18 Februari 1886, yang kini diarsipkan di Perpustakaan universitas Heidelberg.
Pada tahun 1889, ia menjadi profesor Melayu di Universitas Leiden dan penasehat resmi kepada pemerintah Belanda untuk urusan kolonial. Dia menulis lebih dari 1400 makalah tentang situasi di Aceh dan posisi islam di Hindia Belanda, serta pada layanan sipil kolonial dan nasionalisme.
Sebagai penasehat JB van Heutsz, ia mengambil peran aktif dalam bagian akhir perang Aceh. Ia menggunakan pengetahuannya tentang budaya islam untuk merancang strategi yang secara signifikan membantu menghancurkan perlawanan dari penduduk Aceh dan memberlakukan kekuasaan kolonial Belanda pada mereka dan mengakhiri perang 40 tahun dengan perkiraan korban sekitar 50000 dan 100000 penduduk tewas dan sekitar satu juta terluka.
Kesuksesannya dalam perang Aceh, memberinya kekuasaan dalam membentuk kebijakan pemerintahan kolonial sepanjang sisa keberadannya di Hindia Belanda, namun seiring dengan sarannya yang kurang diimplementasikan, ia memutuskan kembali ke Belanda pada 1906, melanjutkan karier akademis yang sukses.
Ketika koloni Hindia Belanda didirikan pada tahun 1800, agama monoteistik dominan bagi sebagian besar masyarakat adat di Nusantara yang adalah islam. Karena sinkretisme agama yang kuat, bentuk islam dicampur dengan unsur-unsur dari agama yang lebih tua. Pedagang Arab dan peziarah haji yang kembali dari Mekkah, banyak dinyatakan interpretasi islam yang lebih ortodoks. Hal ini menyebabkan munculnya varian ketat dari islam dengan sebutan 'santri' dengan muslim yang lainnya disebut "abangan"
Kebanyakan gereja-gereja Kristen, berpegang pada pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah kolonial. Protestan dan Katolik menunjukkan interpretasi dalam mengikuti strategi pemerintah, tetapi tetap menikmati otonomi yang cukup. Selain itu kolonialisme Belanda tidak pernah didasarkan pada kefanatikan agama. Namun, selama abad ke 19, misionaris Kristen menjadi semakin aktif. secara teratur mengarah ke gesekan antara Kristen dan Islam dan antara denominasi Kristen yang berbeda.
Hubungan antara pemerintah dan Islam dalam keadaan tidak nyaman. Kekuatan kolonial Belanda menggunakan prinsip pemisahan gereja dan negara dan ingin tetap netral dalam urusan agama. Namun yang sama pentingnya adalah keinginan untuk menjaga perdamaian dan ketertiban yang mana islam adalah sumber awal inspirasi untuk memberontak melawan pemerintahan kolonial. Motif sosial dan politik terkait dengan keinginan agama berulang kali meledak menjadi kerusuhan dan perang, seperti perang Padri dan perang Aceh.
Pada 1871, Gubernur Jenderal kolonial, mengandalkan sebuah penasihat untuk urusan adat, untuk mengelola ketegangan ini. Karena keahliannya dalam bahasa Arab dan Islam, Snouck Hurgronje bertugas dalam kapasitas ini, antara 1889-1905.
Nasihatnya adalah untuk campur tangan sesedikit mungkin dalam urusan agama dan memungkinkan kebebasan optimal terhadap agama. Hanya manifestasi politik islam itu yang harus dilawan. Oleh sebab ia berpandangan bahwa musuh kolonialisme ketika itu bukanlah islam sebagai agama, tapi islam sebagai doktrin politik. Dalam soal ini, Snouck juga membagi Islam dalam 3 aspek : ibadah, sosial-masyarakat dan politik.
Netralitas menurutnya hanya berlaku pada aspek satu dan dua. Tapi aspek ketiga dia anggap berbahaya, apalagi jika hanya terkait pada paham Pan Islamisme yang menurutnya harus dilibas sejak dini.
Meskipun sarannya dilaksanakan dan dipandu kebijakan kolonial pada tahun-tahun mendatang, munculnya Sarekat Islam pada tahun 1912, menjadi kemunculan partai politik Hindia pertama yang berdasarkan prinsip-prinsip Islam.
Bercita-cita untuk mereformasi kebijakan kolonial Belanda, Snouck pindah ke Hindia Belanda pada tahun 1889. Snouck awalnya ditunjuk sebagai peneliti pendidikan islam di Buitenzorg dan profesor bahasa Arab di Batavia pada tahun 1890. Meskipun pada awalnya ia tidak diizinkan untuk mengunjungi Aceh, ia menolak tawaran untuk kembali ke Eropa dari Universitas Leiden dan Universitas Cambridge.
Pada tahun 1890, ia menikah dengan putri seorang bangsawan pribumi Ciamis. Karena kontroversi ini disebabkan di Belanda, Snouck menyebut pernikahan ini sebagai "kesempatan ilmiah" untuk mempelajari dan menganalisis upacara pernikahan islam. Empat anak lahir dari pernikahan ini.
Antara 1891-1892, Snouck yang saat itu telah fasih berbahasa Aceh, Melayu dan Jawa, akhirnya pergi ke Aceh yang hancur oleh Perang Aceh yang berkepanjangan. Dia masih terus berkorespondensi dengan ulama-ulama Serambi Mekkah.
Jabatan rektornya dilepas pada pertengahan Oktober 1887. Proposal penelitian kepada Gubernur Jenderal, segera diajukan pada 9 Februari 1888. Niatnya didukung penuh oleh Direktur Pendidikan Agama dan Perindustrian (PAP) juga Menteri Urusan Negeri Jajahan. Proposal pun berjalan tanpa penghalang.
Di bawah nama "Haji Abdul Ghaffar" ia membangun sebuah hubungan kepercayaan dengan unsur agama penduduk di wilayah ini. Dalam laporan tentang situasi agama-politik di Aceh, Snouck sangat menentang penggunaan taktik teror militer terhadap rakyat Aceh dan sebaliknya menganjurkan spionase terorganisir sistematis dan memenangkan dukungan dari elit aristokrat. Namun ia melakukan dengan mengidentifikasi sarjana radikal Muslim (Ulama) yang akan menyerah dengan menunjukkan kekuatan.
Selama tujuh bulan, Snouck berada di Aceh. sejak 8 Juli 1891, dia dibantu beberapa orang pelayannya. Baru pada 23 Mei 1892, Snouck mengajukan Atjeh Verslag, laporannya kepada pemerintah Belanda tentang pendahuluan budaya dan keagamaan, dalam lingkup nasihat strategi kemiliteran Snouck.
Sebagian besar Atjeh Verslag kemudian diterbitkan dalam De Atjeher dalam dua jilid yang terbit 1893 dan 1894.
Dalam Atjeh Verslag lah pertama disampaikan agar kotak kekuasaan di Aceh dipecah-pecah. Itu berlangsung lama, karena sampai 1898, Snouck masih saja berkutat pada perang kontra-gerilya.
Snouck mendekati ulama untuk bisa memberi fatwa agama. Tapi fatwa-fatwa itu berdasarkan politik Divide et impera. Demi kepentingan keagamaan, ia berkhotbah untuk menjauhkan agama dan politik. Selama di Aceh, Snouck meneliti cara berpikir orang-orang secara langsung. Dalam suratnya kepada Van der Maaten (29 Juni 1933), Snouck mengatakan bahwa ia bergaul dengan orang-orang Aceh yang menyingkir ke Penang.
Pada tahun 1898, Snouck menjadi penasihat terdekat Kolonel Van Heutsz dalam "menenangkan" Aceh dan nasihatnya berperan dalam membalikkan keberuntungan Belanda dalam mengakhiri Perang Aceh yang berlarut-larut.
Hubungan antara Heutsz dan Snouck memburuk ketika Heutsz terbukti tidak mau menerapkan ide Snouck.
Pada 1903, kesultanan Aceh takluk. Tapi persoalan Aceh tetap tak selesai. Snouck terpaksa membalikan metode dengan mengusulkan agar di Aceh diterapkan kebijakan praktis yang dapat mendorong hilangnya rasa benci masyarakat Aceh karena tindakan penaklukan secara bersenjata. Ini menyebabkan sejarah panjang ambivalensi dialami dalam menyelesaikan Aceh. Snouck pula yang menyatakan bahwa takluknya kesultanan Aceh, bukan berarti seluruh Aceh takluk. Pada tahun yang sama, Snouck menikahi wanita pribumi lain dan memiliki seorang putra pada tahun 1905. Kecewa dengan kebijakan kolonial, ia kembali ke Belanda untuk melanjutkan karier akademis yang sukses.
Kembali ke Belanda, Snouck diterima beberapa profesor di Universitas Leiden, termasuk bahasa Arab, bahasa Aceh dan pendidikan Islam. Dia terus menghasilkan banyak studi akademis yang rumit dan menjadi otoritas internasional pada semua hal yang berkaitan dengan dunia Arab dan agama Islam.
Saran ahli tentang isu-isu mendesak sering dicari oleh negara-negara Eropa lainnya, dan banyak karyanya sudah diterjemahkan ke bahasa Jerman, Prancis dan Inggris.
Pada tahun 1927, ia mengundurkan diri sebagai Rektor magnificus dan profesor, tetapi tetap aktif sebagai penasihat hingga kematiannya di Leiden pada 1936.
Selama dan setelah masa akademisnya, Snouck tetap menjadi penasihat kolonial progresif dan kritikus. Visi reformis untuk memecahkan tantangan hubungan abadi antara Belanda dan Hindia, didasarkan pada prinsip asosiasi. Untuk mencapai hubungan masa depan ini dan mengakhiri pemerintahan dualis Hindia Belanda, ia menganjurkan otonomi peningkatan melalui pendidikan Barat.
Pada tahun 1923, ia menyerukan "reformasi kuat dari konstitusi Hindia Belanda" dimana kita harus istirahat dengan konsep inferioritas moral dan intelektual pribumi dan memungkinkan mereka demokratis yang bebas dan representatif dan otonomi optimal.
Unsur-unsur konservatif di Belanda bereaksi dengan membiayai sebuah sekolah alternatif bagi Pegawai Negeri Sipil di Colonial Utrecht.
Snouck menikah 4 kali. Yang pertama dengan seorang wanita di Jeddah. Pada tahun 1890, ia menikah dengan Sangkana, puteri Raden Haji Mohammad Ta'ib, penghulu Ciamis, dan dikaruniai 4 orang anak. Sayang, pada tahun 1896, saat mengandung anak ke 5, Sangkana keguguran dan meninggal bersama bayi yang dikandungnya.
Tak sampai 2 tahun kemudian, Snouck menikah lagi. Kali ini dengan Siti Sadiah, puteri Raden Haji Muhammad Soe'eb, "plaatsvervanger-penghulu" (penghulu pengganti) di Bandung. Dari pernikahan itu, mereka dikarunai seorang anak bernama Raden Joesoef, yang tak pernah bertemu lagi dengan Hurgronje karena Hugronje dipanggil pulang ke Belanda pada 1906.
Raden Joesoef sendiri memiliki 11 orang anak. Yang paling sulung adalah Eddy Joesoef, pemain bulu tangkis yang pada tahun 1958, berhasil merebut Piala Thomas di Singapura.
Pada 1910 di Belanda, Snouck kawin dengan Ida Maria, putri seorang pensiunan pendeta di Zutphan, Dr AJ Gort.
Setelah dikukuhkan sebagai guru besar Universitas Leiden pada 1907 (tiga tahun setelah menikah) ia menekuni profesi sebagai penasihat Menteri Urusan Koloni. Pekerjaan ini diemban hingga akhir hayatnya, 16 Juli 1936.
Data utama pada studi Snouck Hurgonje dan kebijakan kolonial yang berkaitan dengan islam, tersedia di arsip 'Departemen Koloni' dikelola oleh 'Arsip Nasional' di Den Haag. Arsip mencakup semua keputusan oleh gubernur jenderal, semua laporan surat Menteri Koloni dan semua hukum dan peraturan pemerintah. Selain itu, data yang tersedia di Arsip Nasional Indonesia di Jakarta dan di 'Royal Institute of Southeast Asian Studies dan Karibia' (KITLV) di Leiden dan Perpustakaan Universitas Leiden.
The Leiden University Fund (Leids Universiteits Fonds) didedikasikan untuk reformasi universitas yang terletak di 'Snouck Hurgronjehuis' dimana rumah Snouck disumbangkan ke Universitas.
Jamaah Haji dari Palembang. Dipotret Snouck Hurgronje di Konsultan Belanda di Jeddah, 1884.
Jamaah Haji dari Ambon, Kepulauan Kai dan Banda.
Jamaah Haji dari Mandailing Sumatra
No comments:
Post a Comment